Wednesday 30 May 2018

Obyek Wisata Paling Dicari Saat Ini Di Sumatera Barat



Tempat wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari potensi wisata Sumbar yang cukup lengkap, dimana hampir semua jenis objek wisata ada di wilayah yang beribukota Padang ini. Mulai dari wisata alam yang beragam, seperti laut, pantai, gunung, danau, dan ngarai hingga potensi wisata lain yang sangat menarik digali lebih lanjut berupa fesival budaya yang mengangkat nilai-nilai teradisional Sumbar yang luhur.





Banyaknya detsinasi wisata yang bisa disambangi saat liburan tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para wisatawan. Selain leluasa merencanakan liburan dengan objek wisata favorit, wisatawan juga bisa memilih jenis kegiatan wisata yang akan dilakukan, menikmati keindahan alam, melakukan kegiatan seru, menyaksikan berbagai macam atraksi budaya hingga mengeksplorasi beberapa sudut kota yang penuh dengan sejarah.

Baca Juga :

Jika di China ada Tembok Raksasa China yang melegenda, maka di Sumbar ada Jenjang Seribu, tepatnya di Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Agam. Dengan panjang mencapai kurang lebih 1 Km, perjalanan menempuh tangga Jenjang Seribu akan semakin berkesan dengan panorama di sekitarnya yang menakjubkan. Di lokasi ini para wisatawan bisa menyaksikan keindahan Ngarai Sianok, Dinding Tebing dan juga pemandangan sawah menghijau dengan udara yang menyegarkan.

Lokasi: kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.


2. Jam Gadang 


Jam Gadang merupakan salah satu ikon pariwisata Sumbar yang unik dan khas. Jam ini memiliki nilai historis yang tinggi karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dengan ukuran 13×4 meter dan tinggi mencapai 26 meter, Jam Gadang memiliki keunikan tersendiri dengan bentuk angkanya yang tidak lazim. Dimana pada angka 4 yang biasa ditulis dengan simbol IV justru ditulis IIII. Selain menyaksikan keunikan jam Gadang dan berfoto ria, kamu juga bisa mampir ke Pasar Bukit Tinggi yang berada tidak jauh dari lokasi ini.

Lokasi: Pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.


3. Jembatan Siti Nurbaya

Selain Jam Gadang, wisata Sumbar juga identik dengan Jembatan Siti Nurbaya yang dibangun di atas Muara Batang Arau. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan lokasi Taman Siti Nurbaya yang merupakan tempat pemakaman Siti Nurbaya, sosok wanita yang kisahnya begitu populer dalam dunia sastra Indonesia. Waktu terbaik mengunjungi Jembatan Siti Nurbaya adalah sore hari menjelang petang sehingga bisa menyaksikan keindahan sunset yang mempesona.


4. Danau Maninjau

Danau ini menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan keindahannya.  Danau terbesar ke-2 di Sumatera Barat ini terbentuk dari letusan gunung berapi.  Dengan suasana alam yang masih asri dan sejuk, danau ini sangat cocok untuk mengisi agenda liburan bagi wisatawan yang berburu ketenangan.

Lokasi: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.


5. Kebun Binatang Bukit Tinggi


Kebun binatang ini termasuk kebun binatang tertua di Indonesia dan satu-satunya kebun binatang di Sumbar. Menariknya lagi, kebun binatang ini dihubungkan dengan objek wisata Benteng Fort de Kock melalui jembatan Limpapeh.

Lokasi: Bukit Cubadak Bungkuak, Bukittinggi, Sumatera Barat.

No comments:
Write comments

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks